IELTS I miss you :D

tereeet tereet lama kali sudah tak menulis sesuatu disini. Baiklah saya datang kembali. Kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman (bisa dibilang juga oleh-oleh) kisah kasih tahun 2014 berkutat untuk menaklukkan salah satu jenis tes bahasa yang hmmm bagiku it totally makes me stress!! hahaha
maaf lebay... :p

Oke pertama, apa sih IELTS?? 
IELTS (International English Language Testing System) salah satu jenis tes bahasa inggris. Test ini berkiblat pada Cambridge, Inggris. Jadi bisa ditebak kalo kalian mau sekolah ke negara Inggris atau negera2 bekas jajahan inggris most of them, believe me, bakal minta requirement bahasanya pake IELTS. Dan rata-rata negara eropa minta IELTS juga, kecuali negara yang fanatik ya, misal prancis dan german, mereka butuh Delf atau B2 german hhohoho....
Selain IELTS sebenarnya masih ada tes bahasa inggris lainnya, contohnya ITP klo ini disponsori ETS kalo ITP masih oke di negara-negara Asia, tapi ada juga lo beberpa negera eropa yang mau nerima, dan juga denger-denger Amerika juga masih nerima. Selain itu ada juga IBT, nah kalo ini miliknya Amerika, hampir semuanya minta IBT, mau ke Harvard. atau MIT siapkan baik-baik IBT anda dan jangan lupa GMAT juga, Fighting!!

Kenapa saya memilih IELTS?

pertama karena nurutin requirement scholarship, kedua saya ga ada kemungkinan buat ke Amerika (ga sedikit pun tertarik hehe), ketiga emm pengen ngembangin 4 kemampuan saya, dan yang terakhir IELTS lebih memanusiakan manusia dibanding IBT hihihi :D . Kenapa bisa gitu?? sebenernya IELTS hampir sama dengan IBT, mulai dari harga hampir sama, yang berbeda range nilainya, kalo IELTS skala 0-9 kalo IBT 0-120. Perbedaan yang kedua dari proses tes nya. Kalo IELTS kita masih berhadapan dengan kertas, macam ujian biasa gitu, trus kalo speaking kita bisa diinterview langsung sama native (ini bagian paling semangat, ngomong sama bule gitu hihi). Nah kalo IBT, mulai dari listening sampe speaking kita berhadapan dengan komputer, kebayang gimana kritingnya mata ini bakal berkunang-kunang hmm. Dan kenapa ga memilih ITP? kalo ini karena ITP udah pernah tes dan les, jujur entah kenapa nilai segitu-gitu mulu (nilai di sensor tak patut haha) alhasil saya mencoba move on, trus kalo ada yang tanya kan mahal? kalo itu sya sudah nabung mamen, sudah dalam perencanaan hahaha, tapi ya emang bikin kantong keriiiinnnggg banget GERSANG!! hiks hiks. Alasan yang paling kuat adalah, kalo punya IELTS kayak punya Golden ticket gitu, jadi bisa buat Asia, atau Eropa hehe, ya namanya orang usaha, siapa tau kan bisa kewujud Amiin :)

Gimana belajar IELTS?
okeh, sebenarnya saya sudah pernah belajar sendiri, otodidak. Tapi ya gitu, hanya bisa belajar buku cambridge nya aja, ga tau sumber2 yang lain, ga ada yang ngasih suggestion jadi susah sendiri, Dan parahnya saya ngerasa PD dengan semua usaha saya, alhasil cobalah ikut-ikut tes pura-puranya. Daaaan sesuai dugaan hahaha nilainya ancurr ancurr ancurr, jujur habis tau nilainya saya pulang kerumah dengan deraian air mata maaaakkkkk T.T. Baiklah saya g mau lama-lama terpuruk, saya putuskan untuk LES!! ambillah saya les di Pare, dan ternyata memang bener. Banyak hal yang harus sya pelajari ckckck.... Saya akan merinci apa yang harus dipelajari tiap sectionnya.. 

1. LISTENING
okehh yang pertama listening. Listening IELTS ini seru, ada 4 section, dan soal-soal IELTS itu macam2, ada yang fill the blank, multiple choice, direction, ada yang percakapan dua orang ada juga monolog, Biasanya sec 1 itu mudah rata2 percakapan 2 org buat ngisi formulir, misal mau ikut perlombaan apa, mau mesen rumah atau apartment macam itulah, sect berikutnya ada yang percakapannya spesifik misal ttg mata kuliah, yg terakhir yang agak susah soalnya biasanya dosen atau pembicara yang ngomong jadi beruntung banget kalo pas dibidang kamu hehehe 
Nah hal yang SANGAT PERLU dan PENTING untuk diperhatikan sebelum menjawab lihat petunjuk soalnya minta apa. Kemudian jangan salah spelling, jangan kelebihan "s" kalo singular jangan ditambah2i "s" hohoho HATI-HATI kalo slah yg gara-gara "s" sma spelling itu sakitnya dimana-mana huhuu :(
Buat nunjang Listening anda, biasakan setiap hari denger lagu-lagu western, film-film western terutama film2 british karena logatnya lebih khas, sering dengerin berita BBC, dan TED, yg android wajib lah download aplikas TED buat biasain denger seminar atau monolog, disamping itu bisa dapat banyak pengetahuan :D Dan juga sering-sering juga type script, jadi sambil dengerin sambil ngetik apa yang dibicarain (jangan males, jangan kayak saya, gara2 males typescript listening sya ngepas hiks). 

2. READING
Terbagi jadi 3 section, bacaannya agak berat, dan semuanya bacaan ilmiah, terkadang linguistic, science, politik dll. Karena bacaanya kayak gini, jadi harus sering2 baca jurnal, berita yang punya android wajib downlot NewYork Times gratis kok dri sini kita bisa dapet banyak vocab baru dan update info juga, baca juga bacaan lepas. Biasakan baca aja deh, bacaan yang agak panjang ya, artikel gitu. Soalnya kebanyakan problem di reading ini adalah MALAS baca, udah puyeng duluan. Padahal section ini adalah yang paling mudah, karena semua jawaban ada di bacaan, hanya kita aj yg harus teliti dan betah2in baca. Ada 3 section, persectionnya maks 20 menit, karena reading kita dikasih waktu 1 jam, jgn keenakan baca ya, sampe2 sec terkhir g dapat waktu.

3. WRITING
Nah ini adalah sec paling susah untuk ditaklukkan, bisa dapat 6 itu udah syukur sujud syukur. Soalnya disini kita dituntut menulis 2 jenis tulisan dalam waktu 1 jam. Sec 1 biasanya kita menceritkan kembali data kuantitatif, bisa berupa tabel, pie chart, bar chart, line chart atau gabungan keduanya. Kalo sec ke2 kita dituntut untuk menyampaikan pendapat, agree or disagree, advantage or disadvantage. Nah kalo writing ini wajib banget sering nulis, kalo nulis harus ada sparing partner ya, untung2 kalo ada sparing yg jago grammar, enak banget ini. Bisa improve skill hehehe.  Sering baca-baca jenis soalnya, jadi bisa brainstorming ide. Dan juga jadi kan thesaurus sebagai sahabat anda, karena bisa ningkatin banyak vocab yg similiar makna. Ga asik kan kalo baca tulisan yang isinya kebanyakan kata2 yang sama dan berulang2. Dan ini juga masuk peniliain loh :D. Buatlah tulisan anda yang ilmmiah banget :)

4. SPEAKING
Terdiri dari 3 section, section 1 perkenalan biasa, dan interview semua ttg diri kita, warna favorit, makanan, atau pengelaman menarik kita, section ini paling enak, karena kayak ngobrol biasa. Section 2 ini kita diminta menceritakan topik yang diminta selama 2 menit. Dan sebisa mungkin sebaiknya cerita ttg pengalaman kita, jdi kita bisa enak bicara selama 2 menit, g boleh kurang dr 2 menit ya. Sec terakhir pengembangan pertanyaan dri sec 2, dan ini bagian tersulitnya, soalnya pengembangannya nanti diminta dri sisi ilmiahnya, jadi kita harus punya wawasan yang lias juga buat jawab ini.:)
Kunci utama di speaking adalah RILEKS, karena kita dituntut untuk bicara secara alami. Jangan kebanyakn mikir grammar, malah terlihat kalo kita bicaranya ga alami. Dan justru akan menjatuhkan nilai. Tapi akan lebih baiknya lagi jika didukung dengan grammar yang tepat :D

Okeee mungkin ini yang bisa saya bagikan, agak panjang, semoga berkenan untuk membaca :)
Kalo mau tes, daftar H-1 bulan ya, jangan dadakan, bisa di IDP, Britsh Council, atau IALF. Sebelum tes dimulai, lebih baik warming up buat listening dengerin portcase di Hp atau lagu2, bawa pensil 2B yang banyak yang sudah di raut, dan bawa kotak pensil bening. Boleh bawa air minum asal dibuang merknya. Dan jangan lupa baca surat Thoha ya, doanya nabi Musa biar dipermudah, dan Nikmati semua tes dengan santai. Jangan dag dig dug :) Good Luck!!

Meski nilai tes pas pasan, semoga masih ad yang mau nerima pengemis ilmu macam saya Amiin..
Mohon doanya :D :D






0 komentar:

Posting Komentar

 
Jalan Setapak Blog Design by Ipietoon